Renyahnya Kue Keukarah

Daerah Aceh yang di sebut dengan Tanoh rencong dan Serambi mekah tidak hanya memiliki kekayaan keindahan alam tetapi juga memiliki kuliner makanan yang khas, salah satunya yang dari judul artikel kita ini yaitu kue Keukarah atau yang lebih di kenal masyarakat aceh dengan sebutan kue karah.
Kue karah merupakan kue tradisional yang berasal dari aceh yang masih bertahan hingga kini, sepintas terlihat seperti mie hun. warnanya kuning kecoklatan, yang terbuat dari warna alami yaitu menggunakan adonan yang di goreng menggunakan minyak. Dan dari bentuknya juga terlihat dari teksturnya garing dan gurih. Sebagian dari masyarakat kue karah ini menyutnya dengan nama kue Sarang Burung, mungkin karena bentuknya seperti Sarang Burung.
 Bentuk dari kue karah ini juga bervariasi ada yang berbentuk seperti bulan sabit ukurannya juga bervariasi dan ada juga yang berbentuk segitiga. Kue Karah ini sangat cocok di sajikan sebagai teman kopi atau teh. Di Aceh kue ini sering menjadi sungguhan utama di Hari Raya dan juga upacara perkawinan. Kue Karah ini terbuat dari tepung beras dan gula sebagai pemanis mungkin bahannya terjangkau, tetapi proses pembuatanya sedikit rumit. cara membuatnya masih sangat tradisional dan sangat menarik, cetakannya terbuat dari tempurung Kelapa. Seperti sendok kayu yang seperti di gunakan masyarakat aceh dahulu untuk memasak. bagian Dasar tempurung kelapa di lubangi, Adonan yang sudah di aduk rata kemudian di masukkan ke dalam cetakan, kemudian di goyang-goyangkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kemudian begitu adonan jatuh ke dalam minyak segera d bentuk menggunakan kayu kecil. Selanjutnya tinggal menunggu kue matang dan segera di akan juga di tiriskan. bagaimana? cukup menarik bukan, penasaran dengan rasanya, kue ini biasa di jual di pasar-pasar tradisional. buat kamu pecinta kuliner jangan sampai kelewatan ya.

 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar